Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 23 Oktober 2012

Spanduk Yusyafnital Banyak Hilang

PD.PANJANG – Suhu politik di Kota Padang Panjang, nampaknya semakin hari kian memanas, seiring makin dekatnya jadwal pemilu walikota dan wakil walikota periode 2013-2018. Gelagat bermain tidak elegan pun mulai mengemuka.
“Lumrah saja pada momen-momen tertentu, setiap orang yang ingin memperkenalkan diri kepada masyarakat memasang spanduk. Sebutlah misalnya spanduk ucapan Selamat Idul Adha 1433 H. Tapi banyak juga yang iri, baru saja dipasang sudah dicopot oknum-oknum yang tak bertanggungjawab. Kami sudah mengantongi identitas orang yang berprilaku seperti ini,” ujar Ke tua Forum Komunikasi Masyarakat Padang Panjang & Basko (FKM Pabasko), Asril Erich kepada Singgalang, Jumat kemarin di Padang Panjang.
Spanduk yang dimaksud Asril adalah milik Yusyafnital. Sebelumnya, bakal calon walikota Padang Panjang, Orba, juga mengeluhkan balihonya dirusak. Yusyafnital adalah anggota TNI AL yang kini berpangkat kolonel.
Menantu pemilik RM Pak Datuak itu disebut-sebut juga bakal maju pada Pemilu Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang kali ini, namun belum diperoleh informasi kendaraan politik yang akan dikendarai menuju posisi walikota menggantikan Suir Syam itu.
Asril menengarai, penyakit phobia kini mulai menjangkiti pemegang kekuasaan di Padang Panjang yang ingin terus mempertahankan kekuasaannya. Salah satunya adalah dengan cara mempersempit ruang gerak orang lain untuk memperkenalkan diri dengan cara menurun kan spanduk-spanduk yang telah dipasang.
“Kalau sudah terserang phobia, ular sawah saja sudah nampak seperti ular naga. Lidi kelapa sudah disebut tonggak besar. Takut dan merasa akan dikalahkan orang saja. Orang mengucapkan selamat hari raya saja sudah dianggap akan menghabisi suaranya. Ini kacau jadinya. Tiga spanduk Yusyafnital yang baru dipasang, beberapa jam setelah itu langsung hilang. Mereka mengeluhkan ini kepada kami,” sebut Asril lagi.
Sebagai bagian dari pengawal demokrasi di Padang Panjang, menurut Asril, dirinya merasa perlu mengingatkan pihak-pihak yang tak bertanggungjawab itu agar berlaku sportif. Perbuatan menurunkan apapun namanya milik orang lain, karena takut akan mengalahkan kita, bukanlah perangai bijak dan tidak mencerminkan sikap ketokohan.
Asril juga mengingatkan, seiring dengan kian dekatnya jadwal pemilihan walikota dan wakil walikota di Padang Panjang, suasana politik boleh terus memanas, tapi kondisi kehidupan yang baik perlu tetap dipelihara.
Diakui, pemilihan kepala daerah (pilkada) kali ini akan berlangsung seru, melampaui kondisi yang terjadi pada pilkada sebelumnya, karena kandidat yang muncul tidak sebanyak saat ini. Boleh jadi, suasana kondusif dulu karena semua pihak ‘segan’ kepada Suir Syam.
Kondisi seperti itu, tentu kali ini tidak akan terjadi lagi. Suir Syam sudah dua periode jadi walikota. Makanya, banyak balon wako yang berani turun gelanggang. (211)

Sumber  :     hariansinggalang.co


Rating: 4.5
Posting: Rambun Pamenan
Judul: Spanduk Yusyafnital Banyak Hilang
Comments