Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 14 Oktober 2012

Golkar Padangpanjang Buka Pendaftaran Balon Wako dan Wawako


WARTA ANDALAS, Padangpanjang – Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Padangpanjang sudah semakin dekat. Terkait hal itu, kini gaungnya pun terus menggema.
Menyongsong datangnya pesta demokrasi Lima tahunan untuk memilih kepala daerah tersebut, pecan lalu  Partai Amanat Nasional (PAN) telah membuka pendaftaran calon walikota dan wakil walikota.
Kini, partai berlambang pohon beringin (Golkar) pun menyusul untuk melakukan penjaringan atau hal serupa.

Usai menggelar rapat internal menyikapi Pemilukada Padangpanjang 2013 dan Pemilihan Legislatif (Pilleg) 2014, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golkar Padangpanjang menggelar pertemuan di Gumarang Resto kota setempat, Minggu (23/9) sore kemarin.

Ketua DPD II Golkar Padangpanjang, Asril Kasoema menyampaikan dua hal penting yakni jadwal pendaftaran bakal calon (balon) cawako/cawawako dan diklat calon legislatif (caleg) fungsionaris golkar.

Selaku Ketua DPD, Asril memastikan akan mendaftar setelah jadwal pendaftaran dibuka pada Rabu (26/9) besok, mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap hari.

"Meskipun demikian, sebagai partai besar, Golkar membuka diri terhadap siapa saja yang ingin mendaftar tanpa dipungut biaya. Hal itu sesuai dengan moto yakni Suara Golkar Suara Rakyat. Kalaupun ada calon dari internal, tidak tertutup kemungkinan Golkar mengusung calon dari luar jika memang layak demi kemakmuran rakyat luas," tutur Asril yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Sumbar itu.

Siapa figur yang akan diusung sebagai cawako/cawawako, disebutkannya akan diputuskan sesuai mekanisme parti. Yakni mengacu pada hasil survei yang terdiri dari dua tahapan dan lolos seleksi partai.

"Bagi balon yang mendaftar, harus mengembalikan formulir 10 hari paling lambat. Jika tidak, sesuai aturan partai, balon tersebut dinyatakan gugur dari bursa pencalonan. Dan juga kami tegaskan, pengembalian formulir harus dilakukan langsung oleh balon bersangkutan," jelas Asril didampingi Sekretaris DPD II Golkar Padangpanjang, Marzuki.

Dibukanya pendaftaran balon tersebut, ditambahkan Marzuki sebagai bantahan terhadap asumsi yang berkembang dimana Golkar telah menetapkan dukungan pada salah satu balon wako. Bantahan itu disertai dengan masuknya sejumlah nama dari internal, seperti Junaidi (Kunen, red), Desva Remindo, Mahdelni dan Asril Kasoema sendiri.

"Kalaupun ada pernyataan yang didengar masyarakat, saya tegaskan bukan atas nama partai. Akan tetapi, merupakan perbuatan oknum internal yang tidak memiliki landasan. Kami tegaskan juga, mulai dari DPD, kecamatan, ranting dan sayap Golkar, siapp mematuhi mekanisme partai," tutur Marzuki diamini jajaran pengurus lainnya.

Targetkan 30 Persen
Sementara terkait persiapan menuju Pilleg 2014 mendatang, sebanyak 40 caleg DPD II Golkar Padangpanjang akan mengikuti Diklat selama tiga hari. Bersama caleg dari Tanahdatar, Agam, Bukittinggi, Payakumbuh, Limapuluh Kota dan Pasaman, calon wakil rakyat itu akan mengikuti pembinaan sejak 3-5 Oktober mendatang.

"Seluruh caleg Golkar wajib mengikuti diklat dan memperoleh sertifikat.
Ini diwajibak melalui satu tahapan sehingga kader siap menghadapi 200 persen dari jumlah DPRD. Golkar sebagai partai pemenang dengan 4 kursi legislatif dan pemegang kursi Ketua DPRD, kami optimis mencapai target 30 persen suara. Namun untuk pilkada tidak bisa jamin karena figur yang paling menentukan," pungkas Asril.  (op)

Sumber   :    http://wartaandalas.com

Rating: 4.5
Posting: Padang Kayo
Judul: Golkar Padangpanjang Buka Pendaftaran Balon Wako dan Wawako
Comments