Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 15 Mei 2013

Jelang Pilkada, Panwaslu Padang Panjang Gelar Sosialisasi


PADANG PANJANG, SO -- Sebelum memasuki masa kampanye di Pilkada kota Padang Panjang, 4 Juli mendatang, seluruh kandidat yang telah dinyatakan lolos dan maju di ajang Pilkada tentu telah mempunyai team kampanye dan team relawan, oleh karena itu panwaslu sebagai pengawasan dari aturan Pilkada kini membeikan sosialisasi akan apa apa yang bisa dan akan membatalkan para kandidat mereka tereliminasi atau dikatakan gagal karena melanggar aturan yang telah ditentukan penyelengara Pilkada dalam hal ini KPU dan Panwaslu.

Ketua Panwaslukada Kota Padang Panjang, Agus Salim mengingatkan pasangan calon dan tim suksesnya agar mematuhi segala aturan terkait dengan Pemilukada 2013. Dengan mematuhi aturan yang ada, pesta demokrasi lima tahunan itu akan berjalan aman dan lancar

Sesuai namanya politik yang berarti suatu strategi untuk mendapatkan atau mewujudkan sesuatu dalam artian positif oleh karna itu setiap kompetitor (pasangan calon) pasti ingin menang. 

Hanya saja, untuk memperoleh kemenangan itu, bertarunglah secara fair. "Jangan sampai melanggar aturan, apalagi pidana," kata Agus Salim pada acara pembukaan sosialisasi pengawasan pasca penetapan pasangan calon walikota dan wakil walikota Padang Panjang periode 2013-2018, Rabu (15/5) di Hotel Hasiba kota Padang Panjang.

Pencerahan yang diberikan terhadap tim kampanye pasangan calon, Panwascam dan pengawas lapangan itu dibuka Ketua Bawaslu Sumbar, Eli Yanti. Turut hadir dalam acara pembukaan unsur muspida, Ketua KPU, Sudirman dan anggota Panwaslukada, Darmaizetti dan Ediantes.

Dalam kesempatan itu ketua Panwaslu Agus Salim mengaku, sejak ditetapkannya pasangan calon lengkap dengan nomor urut oleh KPU setempat pada 11 Mei 2013 lalu, suhu politik di Kota Padang Panjang mulai meningkat. 

Masing-masing pasangan calon dan tim suksesnya semakin aktif melakukan sosialisasi kepada calon pemilih, baik melalui tanda gambar maupun sosialisasi langsung ke masyarakat.namun sampai saat ini masih berjalan lancar dan itu sangat diharapkan.tidak ada saling tuding.

Artinya suhu politik mulai memanas, namun sejauh ini situasinya masih kondusif. Selain itu kita juga himbau pasangan calon agar jangan langgar aturan yang sudah ditetapkan. Selama ini Pemilu di Padang Panjang selalu aman, jangan sampai pada Pemilukada kali ini terjadi kericuhan, harapnya.

Ditempat yang sama Eli Yanti dalam sambutannya menilai sosialisasi aturan itu sangatlah penting, baik bagi tim sukses maupun Panwaslukada dan jajaran. Dengan adanya sosialisasi pihak-pihak yang berkepentingan punya pemahaman yang sama tentang aturan main, sehingga nantinya di lapangan tidak sampai berbenturan atau pun gesekan dari masing masing team kandidat, karena mereka telah paham dan mengerti dengan aturan itu, ujar Eli Yanti.

Lain halnya dengan Ketua KPU Padang Panjang Sudirman yang turut menjadi nara sumber kembali menegaskan, bahwa setelah pasangan calon ditetapkan, maka aturan main harus mereka patuhi. Seandainya aturan dilanggar, sanksi akan diberikan kepada pasangan calon bersangkutan sesuai tingkat pelanggarannya.

“Jika terbukti secara sah melalui pengadilan ada pasangan calon yang melakukan politik uang dan melakukan tindakan pidana, kami bisa membatalkan pasangan calon dimaksud. Jadi, seperti yang diingatkan buk Eli dan pak Agus tadi, lagi dan lagi tolong patuhi aturan yang ada, supaya Pemilukada ini berjalan aman dan damai tanpa ada masalah," pesannya terhadap para undangan yang ada, tentu dalam hal ini mereka yang berkompenten.

Satu hal lagi ujar Sudirman, meski telah sah sebagai pasangan calon dan punya nomor urut, namun kelima pasangan calon belum boleh melakukan kampanye. Sebab, masa kampanye baru akan dimulai pada 17-30 Juni 2013 mendatang. 

Dilaporkan : paul

Sumber  :   http://www.sumbaronline.com

Rating: 4.5
Posting: Padang Kayo
Judul: Jelang Pilkada, Panwaslu Padang Panjang Gelar Sosialisasi
Comments