Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 29 Oktober 2012

Calon Perseorangan Butuh Dukungan 3200 Warga


Padangpanjang, Sumbar, 11/10 (ANTARA) - Pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang ingin mengikuti Pemilihan Kepala Daerah Padangpanjang 2013 dari jalur perseorangan membutuhkan dukungan 3200 orang.
"Dukungan itu dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) dan surat pernyataan dukungan dari yang bersangkutan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Padangpanjang, Sudirman, Kamis.
Dia menyebutkan, sesuai Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2012 tentang Teknis Pencalonan Pilkada, calon perseorang membutuhkan dukungan 6,5 persen dari jumlah penduduk.
Berdasarkan data, jumlah penduduk Padangpanjang sebanyak 52 ribu jiwa, sehingga 6,5 persen dari jumlah itu adalah 3200 jiwa.
"Setelah memenuhi sejumlah persyaratan, barulah bisa pasangan itu mencalonkan diri pada Pilkada 2013," katanya.
Pendaftaran calon perseorangan, kata dia, akan dilaksanakan Februari 2013, sementara untuk calon yang diusung parpol dibuka Maret 2013.
"Sementara penetapan pasangan calon, diperkirakan sekitar April," ujarnya.
Menurut Sudirman, calon yang diusung parpol bisa mencapai enam pasangan mengingat banyaknya parpol yang bisa memenuhi persyaratan untuk mengusung pasangan calon kepala daerah.
Sudirman menyebutkan, parpol dapat mengusung pasangan calon kepala daerah kalau memiliki 15 persen dari 20 kursi atau tiga kursi di DPRD setempat.
Dari 15 persen keterwakilan di legislatif tersebut, parpol yang berpeluang mengusung pasangan calon adalah Partai Golkar yang memiliki empat kursi, PAN empat kursi, dan Demokrat tiga kursi.
Sementara enam parpol lainnya, yakni PBB memiliki dua kursi, PKB satu kursi, PPP satu kursi, PKS dua kursi, PDIP satu kursi, dan Gerindra dua kursi, berpeluang berkoalisi untuk mengusung tiga pasangan calon.
Dia berharap pelaksanaan pilkada nanti berjalan aman, lancar, dan kondusif.
"Dukungan seluruh elemen masyarakat sangat diharapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban demi terciptanya pesta demokrasi yang damai, berwawasan, dan berkualitas," tuturnya. (T.KR-MLN/B/S024/S024) 11-10-2012 16:27:36 NNNN

Sumber   :   http://www.iyaa.com

Rating: 4.5
Posting: Padang Kayo
Judul: Calon Perseorangan Butuh Dukungan 3200 Warga
Comments