Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 21 Oktober 2012

KPU Kota Padangpanjang menggelar Cerdas Cermat tetang Pemilu dan Pemilukada tingkat SLTA

Padangpanjang, Sumbar, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Padangpanjang menggelar lomba cerdas cermat tentang pemilihan umum dan pemilihan umum kepala daerah tingkat SLTA sebagai tahapan sosialisasi.
"Dengan adanya cerdas cermat ini diharapkan bisa lebih meningkatkan kualitas pemilu di Padangpanjang," kata Ketua KPU Kota Padangpanjang Sudirman ketika membuka secara resmi perlombaan cerdas cermat tentang pemilu dan pemilukada di gedung M Safei setempat, sabtu.
Menurut dia, cerdas cermat tingkat SLTA dibutuhkan sekaligus sebagai tahapan sosialisasi kepada pemilih pemula yang belum mengetahui tata cara pemilu.
"Dalam butiran soal nantinya akan ada pertanyaan terkait penyelenggaraan pemilu, mulai dari tahapan sosialisasi, pelaksanaan pemilu sampai dengan penentapan pemenang pemilu," katanya.
Cerdas cermat tingkat SLTA kali ini diikuti oleh 15 regu perwakilan masing-masing sekolah di Padangpanjang.
"Babak pertama berlomba empat regu dengan sistem gugur. Setiap regu memiliki soal wajib dan selanjutnya soal rebutan," katanya.
Dia menyebutkan, soal wajib memiliki enam butir pertanyaan dan babak rebutan memiliki 10 pertanyaan. Bila satu regu tidak berhasil menjawab dengan benar, maka dilempar kepada regu lainnya dengan waktu 40 detik.
Bagi yang berhasil menjadi pemuncak pada lomba cerdas cermat tersebut, akan diberi hadiah uang tunai dan tropi tetap. "Juara I akan memperoleh uang tunai sebasar Rp3 Juta, juara II Rp2juta dan juara III Rp 1 juta," katanya.
Peserta cerdas cermat dari SMAN 1 Padangpanjang menyambut baik lomba yang diselenggarakan pihak KPU tersebut sebagai tahapan sosialisasi Pemilu.
"Ini momen bagus bagi pelajar untuk mengetahui tata cara penyelenggaraan pemilu sebagai pemilih pemula, sehingga apa yang didapat hari ini bisa diaplikasikan pada penyelenggaraan pemilu mendatang," kata Salah seorang pelajar SMAN 1 Padangpanjang, Roni. (**/ben/jno)


Sumber   :     http://www.antarasumbar.com

Rating: 4.5
Posting: Padang Kayo
Judul: KPU Kota Padangpanjang menggelar Cerdas Cermat tetang Pemilu dan Pemilukada tingkat SLTA
Comments