Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 29 Oktober 2012

Kpu Prediksi Pilkada Padangpanjang Diikuti Banyak Calon

Padangpanjang, Sumbar, 28/9 (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Padangpanjang, Sumatera Barat, memprediksi Pemilihan Kepala Daerah Padangpanjang 2013 akan diikuti banyak pasangan calon wali kota-wakil wali kota.
"Setidaknya ada sekitar enam pasangan calon di luar independen berpeluang maju pada Pilada 2013, mengingat banyaknya partai politik yang bisa memenuhi persyaratan untuk mengusung pasangan calon kepala daerah periode 2013-2018," kata Ketua KPU Kota Padangpanjang, Sudirman, Jumat.
Sudirman menyebutkan, parpol dapat mengusung pasangan calon wali kota-wakil wali kota kalau memiliki 15 persen dari 20 kursi atau memiliki keterwakilan tiga kursi di DPRD.
Dari persyaratan itu, setidaknya tiga berpeluang bisa mengusung pasangan calon yakni Partai Golkar dan PAN yang masing-masing memiliki empat kursi, serta Demokrat yang memiliki tiga kursi.
Sementara enam parpol lainnya, seperti PBB memiliki dua kursi, PKB satu kursi, PPP satu kursi, PKS dua kursi, PDIP satu kursi dan Gerindra dua kursi, berpeluang berkoalisi untuk mengusung tiga pasangan calon.
"Jika masing-masing parpol gabungan saling mencukupi, partai di parlemen bisa mengusung enam pasangan calon. Belum lagi ditambah perolehan suara parpol nonparlemen yang mencapai sekitar 13 persen pada Pemilu 2009," tutur Sudirman.
Selain pasangan calon dari parpol, Pilkada Padangpanjang diperkirakan juga bakal diramaikan beberapa figur calon dari perseorangan.
Hingga saat ini, kata Sudirman, terdapat dua figur bakal calon yang telah meminta petunjuk teknis pencalonan dari jalur seorangan.
"Seperti Edwin dan Jon Enardi, perwakilan masing-masing telah mendatangi KPU guna mengetahui syarat-syarat pencalonan dari jalur perseorangan," katanya.
Sesuai aturan KPU Nomor 9 Tahun 2012 tentang Teknis Pencalonan Pilkada, calon perseorang harus memiliki dukungan 6,5 persen dari jumlah penduduk.
Melihat kondisi Padangpanjang yang terdiri dari dua kecamatan, kata Sudirman, peluang independen untuk maju sangat besar. Data terakhir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil menunjukkan jumlah penduduk yang tercatat 54.081 jiwa.
"Artinya, hanya dibutuhkan 3.516 dukungan dalam bentuk Kartu Tanda Penduduk. Tentunya dari satu kecamatan saja, sudah bisa mencalonkan diri," katanya. (T.KR-HMR/B/S024/S024) 28-09-2012 23:20:48 NNNN

Sumber  :   http://www.iyaa.com

Rating: 4.5
Posting: Padang Kayo
Judul: Kpu Prediksi Pilkada Padangpanjang Diikuti Banyak Calon
Comments