Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 18 Juni 2013

Hamas Memiliki Dana Kampanye Terbanyak

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Padangpanjang, Sumatera Barat Hendri Arnis-Mawardi (Hamas) memiliki dana kampanye tertinggi yakni sebesar Rp5,3 miliar.
"Kondisi itu sesuai dengan perihal laporan penerimaan dana kampanye dari pasangan calon peserta Pemilukada ke KPU Kota Padangpanjang sampai tanggal 16 Juni 2013 dengan nomor 810/KPU-PP-003.435121/VI/2013," kata Ketua KPU Kota Padangpanjang Sudirman di Padangpanjang, Selasa.
Sementara untuk peringkat kedua ditempati oleh pasangan Sonny Jendriza Idroes-Aldias Sastra dengan besar Rp1,1 miliar, selanjutnya pasangan Yosyafnital-Yuheldi sebesar Rp522 juta, posisi keempat ditempati oleh pasangan Edwin-Eko Furqani sebesar Rp164 juta. Sementara diposisi buncit ditempati pasangan Jon Enardi-Yurnalisman Syam dengan besaran dana kampanye Rp82,5 juta.
Sudirman menyebutkan, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 69 Tahun 2009 yang diubah dengan Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2010 tentang pedoman teknis Kampanye Pemilukada, seluruh tim pasangan calon wajib menyampaikan laporan penerimaan dana kampanye kepada KPU.
"Daftar penerimaan dana kampanye yang kami sampaikan baru sampai tanggal 16 Juni, sementara tahapan kampanye dilaksanakan dari tanggal 17 sampai 30 Juni mendatang. Kepada pasangan calon wajib menyampaikan laporan penerimaan dana kampanyenya satu minggu setelah pemilihan," katanya.
Bagi simpatisan dan donatur, lanjutnya, yang ingin membantu proses kampanye pasangan calon tertentu, KPU juga memberikan aturan terhadap dana bantuan yang berasal dari pihak ketiga dengan persyaratan bantuan perorangan tidak boleh melebihi Rp50 juta dan bantuan kelompok batasnya Rp350 juta.
"Khusus bagi bantuan perorangan di atas Rp2,5 juta, wajib melampirkan KTP dari donatur. Sementara, dana yang tidak boleh diterima pasangan calon adalah dana dari luar negeri dan bantuan lain yang dilarang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh KPU dan peraturan keuangan lainnya," sebutnya.
Sudirman juga menyebutkan, untuk proses audit dana kampanye masing-masing pasangan calon, juga telah disepakati antara KPU dan tim masing-masing pasangan calon menunjuk auditor dan teknis audit dana kampanye, yang dilakukan beberapa waktu lalu di KPU setempat.



Sumber : http://www.antarasumbar.com

Rating: 4.5
Posting: Rambun Pamenan
Judul: Hamas Memiliki Dana Kampanye Terbanyak
Comments