Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 05 Januari 2013

Jangan Main-Main dengan Pelanggaran

Padangpanjang, Sumbar, (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas
Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Barat Elly Yanti mengingatkan kepada seluruh Panitia Pengawas Pemilihan Umum kabupaten dan kota untuk tidak bermain-main dengan pelanggaran yang terjadi selama tahapan penyelenggaraan pemilu.
"Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) itu bukan seperti Tom and Jerry, yang selalu bermain-main dengan permasalahan, tetapi sebagai lembaga independen. Panwaslu harus berpegang kepada komitmen untuk mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan pemilu," kata Elly Yanti pada pengukuhan Panwaslu Kota Padangpanjang di balaikota setempat, Jumat.
Elly meminta anggota Panwaslu Kota Padangpanjang agar memahami tugas pokok dan fungsi selama menjadi penyelenggara Pemilu, sehingga apa yang dilaksanakan selama pengawasan tidak keluar dari koridor yang ditetapkan.
Dia mengatakan, dalam melaksanakan tugas pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah, Panwaslu tingkat kota harus segera membentuk kepengurusan di tingkat kecamatan dan melakukan koordinasi dengan Muspida setempat.
"Tugas Panwaslu itu berat untuk melakukan pengawasan menyeluruh, tentunya harus menjalin kerjasama yang baik dengan Panwaslu kecamatan sebagai perpanjangan tangan di lapangan dan aparat keamanan, sehingga tugas pengawasan itu berjalan dengan baik," pesannya.
Elly Yanti menyebutkan, penetapan Panwas Pemilukada Kota Padangpanjang telah dilakukan 5 Desember lalu dan baru bisa dikukuhkan 21 Desember, karena adanya beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh Panwas Pilkada yang juga Panwas Pemilihan Umum Legislatif dan Pilpres.
Wakil Wali Kota Padangpanjang Edwin pada kesempatan itu juga meminta kepada Panwaslu yang baru dikukuhkan, untuk segera bekerja menyusun dan menyiapkan pembiayaan yang dibutuhkan dalam menunjang tugas dan kinerja Panwaslu.
"Anggaran tahun 2013 masih dalam pembahasan, jadi anggaran Panwaslu masih ada waktu untuk diusulkan pada pembahasan APBD tahun 2013," katanya.
Edwin juga menyambut positif langkah yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, yang telah mengukuhkan Panwaslu pemilukada Kota Padangpanjang menjelang tahapan Pemilukada pada Januari 2013.
Pada pengukuhan tersebut, dilantik sebagai Ketua Panwaslu Agus Salim dengan Anggota Damaizetti dan Ediyantes. Sekaligus melakukan penandatangan berita acara pelantikan, serta pengucapan selamat dari hadirin peserta pelantikan tersebut. (*/ben/jno)

Sumber   :    http://www.antarasumbar.com

Rating: 4.5
Posting: Padang Kayo
Judul: Jangan Main-Main dengan Pelanggaran
Comments