Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 24 November 2012

Demokrat Pantang Calonkan Tersangka

Padang, Padek—Proses pe­milihan wali kota pada empat kota di Sumbar; Padang, Pa­riaman, Sawahlunto dan Pa­dangpanjang pada 2013 men­datang, disiapkan serius para pengurus Dewan Pim­pinan Daerah (DPD) Partai De­mok­rat Sumbar. Belajar dari Pilka­da Payakumbuh dan Kabu­paten Kepulauan Mentawai, Partai Demokrat Sumbar me­nga­lami kekalahan dari partai lain.



“Jadi dalam pilwako di empat kota nanti, kami harus menang. Dan itu pilihan partai kami,” ungkap Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar, Jos­rizal Zein kepada wartawan dalam jumpa pers di kantor DPD Partai Demokrat Sumbar, kemarin (20/11).



Josrizal Zein mengatakan, siapa saja boleh menjadi calon dari Partai Demokrat. Tidak terbatas untuk kader Demok­rat, namun bisa juga dari tokoh luar partai.



“Yang terpenting calon punya kriteria yang dibu­tuh­kan partai dan daerah. Mi­salnya punya nilai keto­kohan dan elektabilitas yang kuat dari calon, di samping penilaian lainnya,” ujarnya didampingi Ketua Dewan Penga­was PD Sumbar, Yogan Askan, Wakil Sekretaris DPD Partai De­mokrat, Gusfen Khairul, Ben­da­hara DPD Feriyanto Gani dan Direktur Eksekutif, Sabar AS.  



Mantan Wali Kota Paya­kumbuh ini menekankan bah­wa partainya tidak akan men­calonkan figur yang tersangkut kasus korupsi, apalagi sudah berstatus tersangka, dalam pilkada di empat kota di Sum­bar tahun 2013 mendatang.



“Saya pastikan pintu Partai Demokrat tertutup rapat ter­ha­dap calon kepala daerah yang tersangka korupsi apalagi terdakwa atau terpidana,” tegasnya.



Terkait penentuan calon yang akan diusung nanti, sebut Josrizal, dilakukan sesuai me­kanisme partai, yakni dimulai dari penjaringan, dan pe­nya­ringan yang dilakukan oleh tiap DPC kota bersangkutan. Kemudian mengusulkannya ke DPD dan DPP. “Setelah ada restu DPP, maka para calon wali kota (cawako) dan calon wakil wali kota (cawawako) dari Partai Demokrat baru bisa ditetapkan,” jelasnya.



Di bagian lain, Sekretaris Tim Lima DPC Partai De­mok­rat Padangpanjang, Puji Astuti mengatakan, DPC Pa­dang­panjang sudah melaku­kan pen­jaringan. Hasilnya d­idapat enam orang calon Ca­wako dan dua calon Cawawako.



“Keenam cawako itu ada­lah Orba (ketua DPC PD Pa­dangpanjang), Mawardi (Ka­diskes), Yusafnital (mantan Asintel Lantamal II Padang, Irsyad, Nova Ardinal, Ra­fa­meli. Sedangkan untuk ca­wawako, yakni Tauvik Maestro dan Irman Sutan,” ujarnya. (zil)  


Sumber   :    http://padangekspres.co.id

 

Rating: 4.5
Posting: Padang Kayo
Judul: Demokrat Pantang Calonkan Tersangka
Comments