Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 20 November 2012

Jadwal Pemilukada, Belum Ditetapkan

Padang Panjang (Sumbar), BAKINNews---Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Padang Panjang, belum menetapkan jadwal pasti pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah setempat 2013, karena sebelumnya ada indikasi akan diundurkan. "Meski belum ditetapkan, mengacu draft sementara, pemungutan suara bakal dilaksanakan pada 4 Juli 2013," kata Ketua KPU Kota Padang Panjang, Sudirman.

Dikatakannya, meski belum menetapkan jadwal pasti, KPU Kota Padang Panjang tetap melaksanakan persiapan tahapan Pemilukada awal 2013. "Tahapannya, akan dilaksanakan Januari 2013, seperti pembentukan penyelenggara dan pemutakhiran data akan berlangsung hingga Mei," katanya.

 Untuk pendaftaran calon independen akan dilaksanakan Februari dan untuk calon dari Partai Politik dibuka Maret. "Sementara penetapan pasangan calon, diperkirakan sekitar April," papar Sudirman.

Dari segi anggaran KPU Kota Padang Panjang memperkirakan naik dari Rp 4 Miliar menjadi Rp 6 Miliar untuk mengantisipasi pasangan calon yang lebih banyak. "Jika pasangan calon lebih banyak akan membutuhkan logistik lebih banyak pula. Selain itu peningakatan anggaran ini juga pengaruh inflasi lima tahun terakhir," jabarnya.

Dia menyebutkan, besaran anggaran tersebut sudah disampaikan kepada Pemerintah Kota Padang Panjang untuk dibahas lebih lanjut. "Anggaran itu belum final, karena saat ini masih dalam tahapan pembahasan ditingkat pemerintah daerah," katanya.

Dikatakan Sudirman, jika usulan dana itu dikabulkan dan tidak habis terpakai untuk Pemilukada 2013, maka akan dikembali kepada pemerintah seperti yang pernah terjadi pada 2008. "Pada 2008 dana Pemilukada tidak terpakai seluruhnya hanya 75 persen. Dana yang tidak terpakai itu dikembalikan kepada pemerintah daerah sesuai dengan aturan," terangnya.

Harapannya, pelaksanaan Pemilukada 2013 bisa berjalan dengan aman, lancar dan kondusif sesuai dengan apa yang diharapkan bersama. "Dukungan seluruh elemen masyarakat sangat diharapkan untuk menjaga keamanan, ketertiban demi terciptanya pesta demokrasi Pemilukada yang damai, berwawasan dan berkualitas," tuturnya. BIN 666
Sumber  :     http://www.bakinnews.com

Rating: 4.5
Posting: Unknown
Judul: Jadwal Pemilukada, Belum Ditetapkan
Comments