Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 20 November 2012

Pilwako Padangpanjang Dijadwal Juli 2013

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangpanjang dengan draf sementara menetapkan proses pemungutan suara Pemilihan Walikota/Wakil Walikota (Pilwako) periode 2013-2018 dihelat pada Juli 2013 mendatang.

Ketua KPU Kota Padangpanjang, Sudirman menyebut tahapan pelaksanaan Pilwako sudah dimulai sejak Januari 2013, diantaranya pembentukan penyelenggara, pendaftaran calon dan penetapan pasangan calon. Namun ini dikatakannya belum final karena menunggu keputusan KPU Provinsi.

"Pendaftaran calon dari perseorangan atau jalur indpenden sesuai draf dibuka akhir Februari dan sudah menyerahkan syarat dukungan 6,5 persen dari jumlah penduduk sekitar Januari. Atau sekitar 3.516 KTP mengacu data terakhir Disdukcapil dengan jumlah penduduk 54.081 jiwa. Sedangkan calon dari partai, pendaftarannya sekitar Maret dengan diantar langsung partai pengusung," sebut Sudirman.

Banyaknya pasangan calon yang bakal bertarung pada Pilwako 2013, Sudirman menyampaikan salah satu penyebab terjadinya peningkatan prediksi anggaran pelaksanaan sekitar Rp 6 miliar dari Rp 4 miliar pada Pilwako 2008 lalu. Selain kebutuhan logistik yang bertambah, juga menyangkut inflasi lima tahun belakangan.

"Seperti pernah saya sampaikan, akan ada enam pasangan calon yang bakal muncul dari partai di parlemen. Tiga di antaranya memiliki kursi penuh yang minimal 3 dan tiga lainnya dari koalisi 6 partai parlemen. Belum lagi kemungkinan munculnya pasangan calon dari jalur independen," tutupnya. (*)

[ Red/Retik Salfira ]- Selengkapnya di PadangEkspres,Posmetro padang, Rakyat Sumbar

Rating: 4.5
Posting: Padang Kayo
Judul: Pilwako Padangpanjang Dijadwal Juli 2013
Comments